MODUL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS 1 SD BAB 1: AKU CINTA AL-QUR’AN A. TUJUAN PEMBELAJARAN Setelah mempela...
MODUL PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
KELAS 1 SD
BAB 1: AKU CINTA AL-QUR’AN
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi ini, peserta didik diharapkan mampu:
- Mengenal Al-Qur’an sebagai kitab suci umat Islam.
- Menyebutkan dan melafalkan huruf hijaiyah dengan fasih.
- Mengenal harakat dasar (fathah, kasrah, dhammah) dan cara membacanya.
- Menghafalkan surah Al-Fatihah dengan lancar.
- Membiasakan diri membaca Al-Qur’an.
- Menunjukkan sikap cinta terhadap Al-Qur’an.
B. MATERI PEMBELAJARAN
-
Al-Qur’an Kitabku
- Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam.
- Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad saw.
- Membaca Al-Qur’an mendatangkan pahala.
-
Aku Tahu Huruf Hijaiyah
- Mengenal 28 huruf hijaiyah.
- Melafalkan huruf hijaiyah dengan baik dan benar.
-
Aku Tahu Harakat
- Mengenal tanda baca (harakat) fathah, kasrah, dan dhammah.
- Memahami cara membaca huruf hijaiyah berharakat.
-
Aku Hafal Surah Al-Fatihah
- Membaca dan menghafalkan surah Al-Fatihah.
- Memahami arti dan pentingnya surah Al-Fatihah.
C. KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Pendahuluan (10 menit)
- Guru mengajak siswa berdoa sebelum belajar.
- Guru menampilkan gambar Al-Qur’an dan bertanya kepada siswa: “Apa yang kamu ketahui tentang Al-Qur’an?”
- Siswa diajak untuk menyanyikan lagu bertema cinta Al-Qur’an (jika memungkinkan).
2. Kegiatan Inti (60 menit)
A. Mengenal Al-Qur’an
- Guru menunjukkan mushaf Al-Qur’an kepada siswa.
- Siswa diminta mengamati dan mengenali bentuk Al-Qur’an.
- Guru menjelaskan pentingnya membaca Al-Qur’an dan keutamaannya.
B. Mengenal Huruf Hijaiyah
- Guru memperkenalkan huruf hijaiyah satu per satu dengan kartu huruf atau poster.
- Siswa melafalkan huruf hijaiyah bersama guru.
- Siswa bermain kartu huruf hijaiyah untuk menghafal huruf.
C. Mengenal Harakat
- Guru menjelaskan tanda baca fathah, kasrah, dan dhammah.
- Siswa berlatih membaca huruf hijaiyah berharakat.
- Siswa bermain mencocokkan huruf hijaiyah dengan harakatnya.
D. Menghafalkan Surah Al-Fatihah
- Guru membacakan surah Al-Fatihah dengan tartil, siswa mendengarkan.
- Siswa mengikuti bacaan guru secara bertahap (ayat per ayat).
- Siswa berlatih menghafalkan surah Al-Fatihah secara mandiri dan berkelompok.
3. Penutup (10 menit)
- Siswa mengulang kembali materi yang sudah dipelajari.
- Guru memberikan motivasi agar siswa rutin membaca Al-Qur’an.
- Siswa diajak untuk merefleksikan manfaat membaca Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.
D. PENILAIAN
-
Penilaian Sikap:
- Mengamati sikap siswa dalam kegiatan pembelajaran.
- Menilai kesungguhan siswa dalam membaca dan menghafal Al-Qur’an.
-
Penilaian Pengetahuan:
- Tanya jawab tentang Al-Qur’an, huruf hijaiyah, dan harakat.
- Menyebutkan huruf hijaiyah dan cara membacanya.
-
Penilaian Keterampilan:
- Membaca huruf hijaiyah dengan benar.
- Menghafalkan surah Al-Fatihah dengan lancar.
E. MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
- Buku Panduan Guru dan Buku Siswa PAI Kelas 1.
- Mushaf Al-Qur’an.
- Poster huruf hijaiyah dan harakat.
- Kartu huruf hijaiyah untuk permainan.
- Audio/video bacaan surah Al-Fatihah.
F. KEGIATAN TAMBAHAN (PENGAYAAN & REMEDIAL)
- Pengayaan: Siswa yang sudah lancar menghafal surah Al-Fatihah dapat diberikan tantangan menghafal surah pendek lainnya seperti Al-Ikhlas.
- Remedial: Siswa yang kesulitan dalam membaca huruf hijaiyah akan dibimbing secara berkelompok atau individu oleh guru atau teman sebaya.
Daftar Lengkap Perangkat Pembelajaran Kelas 1 PAI BP Kurikulum Merdeka